Luas Hutan Kalimantan

Luas Hutan Kalimantan | Penulis Opini. Menurut Mentri kehutanan Indonesia dalam SK Hutan dan Perairan provinsi kalimantan diperkirakan sebagai berikut;
  1. Kalimantan Barat (SK No. 259/Kpts-II/00); 9.101.760,00 ha;
  2. Kalimantan Tengah (SK No. 759/Kpts/Um/10/82); 15.300.000,00 ha;
  3. Kalimantan Timur (SK No. 79/Kpts-II/01); 14.651.053,00 ha;
  4. Kalimantan Selatan (SK No. 435/Menhut-II/2009); 1.566.697,00 ha;
Dalam Sk Tersebut kalimantan utara belum termasuk jika kalimantan utara sudah masuk dalam daftar dapat di pastikan hutan kalimantan timur akan berkurang. Data yang disuguhkan kemungkinan besar bukan luas riil (nyata) hutan kalimantan kerena saat ini setiap detik hutan-hutan tersebut terus terkuras dan hilang.

Luas Hutan Kalimantan

Menurut berita di situs walhi, Bustar Maitar mengatakan pada 1985 luas hutan di Kalimantan 39,9 juta hektare, tetapi turun menjadi 25,5 juta ha pada 2010. Sehingga dapat dipastikan Dalam kurun waktu 25 tahun Kalimantan kehilangan hutan 14,5 juta ha. Terlebih lagi data yang tidak valid dimana kawasan hutan yang dideliniasi sebagai hutan belum tentu ada pohon dan di bawah kontrol Kementerian Kehutanan. Sedangkan berdasarkan pemantauan Greenpeace, kondisi riil hutan di Kalimantan sangat kritis.

Beberapa penyebab berkurannya luas hutan kalimantan diataranya kerena banyaknya perkebunan kelapa sawit, tambang, dan ileggal loging. Faktor penyebab lainnya dapat juga di kerenakan bencana alam dan pertambahan penduduk. Pertambahan penduduk kalimantan tidak hanya dari angka kelahiran saja tapi bisa juga dari perpindahan penduduk antar pulau (transmigran) bahkan perpindahan penduduk antar Negara. Menurut para pembaca apa yang terjadi jika seandainya hutan Kalimantan Hilang ?
Abdul Haris Mubarak said...

kadang masalah berasal dari kebijakan pemerintah, juga kadang dari masyarakat yang melebihi ketentuan dalam memanfaatkan hutan produksi. seharusnya setiap warga negara diberikan penyadaran melalui pendidikan formal akan pentingnya kelestarian hutan.
http://harismubarak.blogspot.com/

Mardianus Suwardi said...

@Abdul Haris Mubarak: Ide yang cukup baik juga pak, tapi lebih baik secara formal dan Informal. sebenarnya problm ini masyarakat sudah tau tapi kerena banyak faktor yang menjadi penyebab-nya bisa di kata fator Ekonomi dan pinansial..