Panglima Bagi Suku Dayak

Siapakah panglima suku Dayak? Ada banyak jawaban atas pertanyaan tersebut. Dimana sosok panglima suku Dayak masih sangat misteri dan banyak menuai kontoversial dari berbagai kalangan. Pada jaman dahulu sesorang disegani ketika orang tersebut bisa melindungi kampungnya dari serangan musuh dan memimpin kampungnya.
panglima Dayak
Panglima Burung (kiri: memengang mandau) // Photo by Mawas Prayogi
Pada zaman sekarang sering kali disebut panglima. Panglima menurut suku Dayak sesungguhnya tidak ada, Kata panglima pada suku dayak dipengaruhi oleh budaya Melayu dan jawa yang memasuki pulau kalimantan, Selain itu kita harus dapat memahami Gelar dan julukan pemberian dari suku dayak yang seringkali disalah artikan.

Gelar Panglima pada sosok orang Dayak tidak tumbuh dan muncul dengan sendirinya, ada banyak faktor yang mempengaruhi. Gelar biasanya bercirikan karakter yang khas dan gampang untuk diingat, bersifat sosial dalam suatu komunitas tertentu supaya lebih akrab dan mudah dikenal. bisa saja dibuat sendiri atau pemberian dari seseorang baik itu kerabat,saudara, masyarakat, dll.
Panglima Burung
Munculnya sosok panglima suku Dayak sangat sulit ditemui pada hari-hari biasa, Sosok-sosok panglima suku Dayak masih menjadi misteri yang sulit dipecahkan. Bagaimana tidak sosok panglima suku Dayak hanya muncul saat suasana memanas dengan kata lain jika suasana dinyatakan Perang. Perang merupakan warisan dari leluhur dan hal tersebut dirasakan oleh seluruh belahan dunia bahkan masih ada beberapa wilayah yang masih mengalamai konflik perang.

Berikut Ada beberapa gelar Panglima Suku Dayak:
1. Panglima Burung
2. Panglima Batu
3. Panglima Kumbang
4. Dll
Bagi para pembaca yang mengetahui lebih mengenai panglima suku Dayak Lebih banyak mungkin bisa melengkapinya dikolom komentar. Terima kasih.

1 comment:

  1. Selamat tinggal, Buat penulis Blog ini. Semoga tenang dialam sana.
    Kau meninggalkan sebuah karya yang bermanfaat untuk generasi penerus.

    ReplyDelete