Apa Makna Tatto Bunga Terong ?

Tatto bagi masyarakat Dayak dimasa lampau merupakan simbol fisik yang secara langsung memperlihatkan strata sosial seseorang dalam masyarakat. Tatto bunga terong merujuk maknanya pangkat atau kedudukan sebab umumnya letak pertama ada di bahu.

Tatto bunga terong // Photo by CeritaDayak
Tatto bermotif bunga terong tidak sembarangan dimiliki oleh semua kalangan masyarakat. Tatto untuk masyarakat adat biasa tentu berbeda dengan tatto yang dimiliki oleh masyarakat yang punya peranan penting dalam masyarakat adat seperti para Temenggung, para Baliatn, para Demang dan para Panglima perang.

Tatto bungga terong merupakan hasil dari seni dan tradisi di Kalimantan Barat. suku Dayak Kayaan dan Suku Dayak Iban adalah dua sub suku Dayak yang terkenal akan keindahan tatonya. Dari sisi mitologis, masyarakat Dayak Iban percaya Batara (Tuhan) menghendaki orang Iban bertatto sebagai penanda bagi Batara untuk mengenali orang-orang Iban.

Tatto juga merupakan kunci bagi orang iban untuk masuk ke surga, Melalui kunci inilah, orang Iban bisa masuk ke dalam Surga. Ada beberapa motif tatto yang merupakan representasi mahluk dari dunia sabayan (surga) yang menjaga dan memberi keselamatan bagi orang Iban, baik berupa simbol hewan maupun tumbuhan.

Tato yang cukup khas adalah tatto bunga terung yang merupakan kunci pada nirwana. Sehingga sangat pantas jika bunga terong merupakan bungga kebanggaan masyarakat Dayak Iban. Bahkantidak heran jika kalimat “Bunga terong sudah naik, orang itu sudah profesional” sering diucapkan oleh masyarakat Dayak Iban.

Bentuk motif dan jenis bunga terong ada berbagai macam dan letaknya juga berbeda. Ada yang meletakan tatto tersebut di lengan, tangan, kaki, dan perut, serta ada juga mengukir seluruh tubuhnya dengan tatto bunga terong. Bunga terong ada yang bersayap enam dan ada yang delapan.

Bagi masyarakat Dayak Iban, Sesorang yang memiliki tatto bunga terong di sekeliling pinggang biasanya delapan buah berarti orang itu sudah punya banyak pengalaman, Selain itu arti dari tatto bunga terong merupakan sebuah pertanda sudah puas merantau dan menguasai ilmu pengetahuan yang cukup.

Pengetahuan-pengetahuan tersebut diperoleh melalui pengalaman, intuisi, wahyu, dan berpikir menurut logika, atau percobaan-percobaan (trial and error) yang disampaikan secara lisan dan tulisan secara turun temurun. Lebih jelasnya mungkin bisa membaca artikel lain yang berjudul sistem pengetahuan masyarakat Dayak.

Referensi:
[1] ceritadayak.com,"makna tatto bagi masyarakat Dayak"
[2] banuadayak.wordpress.com,"Tatto dan eksistensi budaya Dayak"
[3] Sumber lainya

3 comments:

  1. Kayak sharingan-nya Sasuke...

    ReplyDelete
  2. Heem pencinta Naruto, Naruto itu kalau ngak salah Nama Aslinya Narto, Kalau disimak kisah Naruto menceritakan Negara Indonesia..

    ReplyDelete
  3. SAYA MALAH BARU TAHU ADA TATO BUGA TERONG, DAN ADA MAKNANYA. MAKASIH GAN PENCERAHANNYA. SALAM BLOGGER

    ReplyDelete