Dayak Banyuke-Sakanis

Dayak Banyuke-Sakanis adalah salah satu subsuku Dayak yang tinggal di wilayah adat/Binua Sakanis di Kecamatan Menyuke, Kabupaten Landak. Bahasa yang dituturkan oleh penduduk Binua Sekanis ini beragam, di antaranya adalah bahasa Banyadu’, bahasa Banana’/Ahe, dan Bahasa Ngalampa’. Di kalangan khalayak ramai, bahasa ini lebih dikenal dengan nama bahasa Kanayatn, dan orang-orang yang menuturkan bahasa ini disebut orang Dayak Kanayatn. Secara kebahasaan, bahasa yang dituturkan di wilayah ini digolongkan ke dalam dua rumpun bahasa, bahasa Banana’/Ahe digolongkan ke dalam rumpun bahasa Melayik, sedangkan bahasa Banyadu, digolongkan ke dalam rumpun bahasa Bidayuhik.

Adapun kampung-kampung yang tergabung ke dalam wilayah adat Sakanis ini adalah Kampung Sedange, Bonsor, Ojak, Karonang, Palah Sakanis, Ngaro, Tolo’, Bagak, Pampakng, Anik Timawakng, Jatak, Sekibul, Reok, Babuntikng, Ojak, Jarikng, Sapat, Palah, Sakanis, Sunge Lubakng, Panji, Antokng, Jatak, Karonang, Tamiang, dan Anik Bingir. Jumlah mereka ada 9.423 jiwa menurut data kependudukan dari kecamatan pada tahun 1998.

Disebutkan bahwa senjak zaman nenek moyangnya, mereka telah menempati wilayah ini hingga kepada keturunannya yang ada saat ini. Cerita rakyat yang telah melegenda di kalangan Dayak Banyuke mengatakan bahwa nenek moyang mereka adalah seorang Kakek Sakti yang bernama Ria Sinir dan isterinya Dara Itapm. Dara Itapm adalah anak Patih Gumantar dari Mempawah Hulu, yang juga salah satu permaisuri kesayangan dari Raja Pulang Pali’ dari Landak. Sistem kepercayaan masyarakat pada dasarnya bertitik tolak pada 2 prinsip, yakni percaya dengan adanya Tuhan yang satu dan percaya juga kepada roh-roh leluhur atau roh nenek moyang yang telah meninggal.

Suku ini bertahan hidup mengandalkan sektor pertanian dan perkebunan untuk mendapatkan penghasilan, selain itu mereka juga melakukan perburuan binatang liar ke dalam hutan serta memelihara beberapa hewan ternak seperti babi dan Ayam, Saat ini tidak sedikit juga dari masyarakat suku Dayak Banyuke-Sakanis sudah melangkah lebih maju untuk bekerja di sektor pemerintahan maupun swasta.

No comments:

Post a Comment