Kemiskinan, Kriminal dan Transmigrasi

Kalimantan Barat yang berpenduduk 4,12 juta jiwa dengan jumlah penduduk miskin 584.300 jiwa dengan tingkat kemiskinan 12,91 persen dari jumlah penduduk. Kalimantan Tengah yang berpenduduk 1,902 juta jiwa jumlah penduduk miskin sebanyak 210.300 jiwa dan tingkat kemiskinan mencapai 9,38 persen. Sementara jumlah penduduk miskin di Kalimantan Selatan (3,245 juta jiwa) 233.500 jiwa dan tingkat kemiskinan mencapai 7,01 persen. Provinsi terkaya di Kalimantan yakni Kalimantan Timur (2,95 juta jiwa), jumlah penduduk miskin sebanyak 324.800 jiwa dan tingkat kemiskinan mencapai 11,04 persen.

Puluhan Ribu Transmigran dikirim ke kalimantanPuluhan Ribu Transmigran dikirim ke kalimantan // Photo by Kompas

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kalbar. Mengatakan telah terjadi perubahan jumlah maupun persentase penduduk miskin yang relatif cepat di Kalimantan Barat. “Dari pola perubahan penduduk miskin di pulau Kalimantan, memang harus diakui bahwa Kalbar memiliki penduduk miskin paling banyak dibanding dengan provinsi lainnya di Kalbar,”

Namun jika dilihat dari nominal penurunan penduduk, justru Kalbar mengalami penurunan yang signifikan. “Jumlah penduduk miskin Kalbar selama dua tahun terakhir ini berkurang sekitar 45 ribu jiwa, Kalteng sekitar 20 ribu jiwa, Kalsel sekitar dua ribu jiwa. Di Kaltim jumlah penduduk miskin justru bertambah menjadi 25 ribu orang,” ujarnya.

Tidak habis pikir pulau lumbung Energi yang tekenal kaya raya ini ternyata masih memiliki penduduk miskin. Kendati Pulau Lumbung Energi dikatakan miskin tetap saja program transmigrasi berjalan dengan cepat. puluhan ribu transmigran selalu di kirim ke pulau lumbung energi. Banyak-nya transmigran tentu membuat angka kemiskinan semakin bertambah setiap tahunnya, Para transmigran dulunya hampir rata-rata petani yang kemudian di trans ke kalimantan Akibat bencana Alam, Kekeringan, kemiskinan dan kelaparan.

Menjadi Persoalan Publik semakin banyak transmigrasi tentu dapat menyebabkan semakin tingginya angka kemiskinan yang bisa saja berdampak dengan keamanan. Lantaran kerena kemiskinan dikalimantan kerap terjadi pertikaian dikalangan masyarakat adat, yang menjadi pemucu pertikaan antara masyarakat adat bermacam-macam, mulai dari perebutan lahan lingga hutang piutang. Pertikayan antara masyarakat Adat tentu akan menyebabkan Angka kriminal semakin tinggi.

Meningkatnya transmigran yang dikirm setiap tahunnya tentu mendatangkan masalah baru bagi pulau lumbung energi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. secara logika penduduk pribumi masih ada yang miskin dan kelaparan bahkan Tidak mendapatkan perhatian pemerintah apa lagi transmigran. Bukti nyata pernah di publis diblog ini dua buah artikel dengan judul Potret kemiskinan Kalimantan Dan Ketidakadilan Ekonomi Masyarakat Adat.

No comments:

Post a Comment