Masyarakat Adat Mengolah lahan

Berladang bagi masyarakat Adat dipulau Kalimantan hanya sekadar untuk mencukupi keperluan pangan dan tidak sebagai usaha komersial. Berladang bagi masyarakat adat Dayak telah menjadi kebiasaan secara turun temurun warisan nenek moyang yang sudah berlangsung ratusan tahun hingga sekarang ini.

Masyarakat Adat memadamkan api lahan Pertanian
Memadamkan Api Diladang // Photo by Lorens Arang

Sebagiaan besar dari penduduk yang mendiami pulau kalimantan membuka lahan pertanian dengan cara membakar. tekhnik membakar merupakan salah satu tekhnik yang selalu dipakai oleh para peladang disaat membersihkan lahannya. teknik membersihkan ladang dengan cara membakar memang lebih cepat kerena selama ini belum ada tekhnik untuk mempercepat proses persiapan lahan selain membakar.

tujuan membakar selain membersihkan lahan juga untuk mendapatkan abu dan arang yang berguna sebagai pupuk organik bagi tanah, para peladang percaya bahwa lahan yang memiliki biomass tebal akan menghasilkan abu dan arang yang lebih banyak maka tanamannya akan subur dan produksi ladangnya jauh lebih bagus.

Sebelum membakar mereka membersihkan tepi ladang dengan membuat sekat bakar mengelilingi ladang, Pembuatan sekat pada lahan yang akan dibakar dilakukan jauh hari sebelum pembakaran. Pembuatan sekat bakar tidak lain bertujuan untuk menghindari api menyeberang dan melahap lahan lain yang berada disekeliling ladang.

Lebar sekat bakar pada ladang biasanya disesuaikan dengan kondisi vegetasi dan biomassnya, semakin tebal biomasnya maka sekat bakarnya semakin lebar dan harus lebih bersih, Membuat Sekat bakar yang jauh lebih bersih biasanya dengan cara membuat parit disekeliling ladang dan hal tersebut kerap sekali menghabiskan waktu yang cukup lama.

Ketika pembakaran ladang, semua proses dilakukan secara bersama sama dan melibatkan kaum lelaki dan perempuan, demikian juga pemilik lahan sekeliling lokasi ladang tersebut selalu ikut terlibat membantu kegiatan pembakaran ini sesuai dengan waktu yang ditentukan oleh pemilik ladang. Pembagian tugas dilakukan berdasarkan jumlah orang dan pengalaman yang dimiliki.

1 comment:

  1. tentu dalam mengolah lahan perlu dipertimbangkan aspek linkungannya ya mas agar lahan tersebut tidak mudah rusak :)

    ReplyDelete